Kenapa Harus Shalat???

 Oleh: Ilgafur Tanjung

Shalat adalah berdoa kepada Allah Swt sang pencipta alam untuk mewujudkan segala permintaan orang yang beriman kepadaNya. Sebagaimana termaktub dalam kitab suci al-Qur’an: 

( أدعوني أستجب لكم ) 

Artinya: Berdoalah niscaya aku (Allah Swt ) akan mengabulkannya. 

Sesungguh nya Allah Swt maha segalanya yang tidak butuh kepada ibadah seorang hambanya. Didalam al-qur’an terdapat 114 kali kata shalat dan kata yang berasal dari shalat, jumlah kata shalat ini serupa dengan jumlah surah yang ada dalam al-Qur’an. Sedangkan kalimat Shalawat, bentuk jamak dari kata shalat kita temukan sebanyak 5 Kali, ini serupa dengan jumlah shalat yang wajib bagi kaum muslimin diseluruh penjuru alam yaitu shalat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan shalat Isya. 

Sekarang pertanyaan, kenapa harus shalat?? 

Shalat adalah merupakan suruhan Allah Swt Sang pencipta segalanya. Shalat ini juga merupakan salah satu dari rukun islam yang lima. Shalat terbagi kepada tiga bagian: 
1. Shalat Allah Swt.
2. Shalat Malaikat 
3. Shalat Orang yang beriman (mukmin). 

Yang pertama shalat Allah Swt dan Shalatnya para Malaikat 
 Sebagaimana kita temukan dalam kitab suci al-Qur’an: 
 إن الله وملا ئكته يصلون علي النبي يا ئيها اللذين أمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما . ألأحزاب:56

Artinya: Sesungguhnya Allah Swt dan para Malaikat bershalawat kepada Nabi, wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kepada nabi.  

Yang kedua Shalat Shalat Orang yang beriman (Mukmin). 
Sebagaimana dalam al-Qur’an:

 إن الصلاة كانت علي المؤمنين كتابا موقوتا. النساء: 103 

Artinya: Sesungguhnya shalat telah ditentukan waktunya bagi orang yang beriman ( Mukmin). 

Yang ketiga Shalat Para Malaikat 

Shalatnya para Malaikat dengan cara mendoakan orang yang beriman kepada Allah Swt agar diampuni segala dosa dan agar dimasukkan kedalam surge nantinya. 

Jadi kesimpulannya bahwa shalat terbagi ke tiga bagian: 

- Shalatnya Allah Swt, adalah rahmatNya yang diberikan kepada seluruh makhluknya. 
- Shalatnya para Malaikat adalah mendoakan orang yang beriman kepada Allah Swt agar diampuni segala dosa dan agar dimasukkan kedalam surga nantinya. 
- Sedangkan Shalat Orang mukmin dengan mengerjakan shalat yang lima waktu serta berdoa kepada Allah Swt sebagai wujud seorang hamba yang taat kepada perintah sang pencipta yaitu Allah Swt. 

Shalat juga merupakan tiang agama islam, siapa yang meninggalkan shalat maka ia termasuk orang yang merusak atau menghancurkan agamanya. Dan siapa yang mengerjakan shalat maka ia termasuk orang yang mendirikan agamanya. Shalat juga merupakan amalan yang pertama dihisab oleh Allah Swt di hari kiamat nantinya. Wallahu ‘alam bisshowab.
Share this video :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berusaha Menjadi Yang Terbaik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger